Masyarakat Kuansing Perlu waspada.! Oli Palsu Kendaraan Banyak Beredar dipasaran.

  Kuansing  | redynews. com Menggunakan oli palsu bisa menimbulkan efek negatif bagi mesin kendaraan. Sebab, kualitas yang diberikan tak ses...

 



Kuansing  | redynews. com


Menggunakan oli palsu bisa menimbulkan efek negatif bagi mesin kendaraan. Sebab, kualitas yang diberikan tak sesuai dengan oli rekomendasi pabrikan. Hal ini sangat merugikan masyarakat dikarenakan mesin kendaraan mudah panas dan cepat rusak.


Hal senada pun disampaikan oleh Pemilik Toko yang menjual bermacam-macam Oli kendaraan Bapak Anas yang Beralamat Desa Logas Hilir,kecamatan Singingi, kabupaten Kuansing,Beliau mengatakan sekarang ini banyak sekali Beredar Oli Palsu bukan hanya di Kuansing aja bahkan pulau Sumatra banyak Beredar Oli Palsu.

"Beredarnya Oli Palsu dipasaran Sangat merugikan masyarakat banyak terutama bagi pemilik kendaraan"Kata pak Anas 


Dia menambahkan Tadi baru saja datang seorang pemilik kendaraan Roda 4 (empat) membeli Oli kepada saya pemilik kendaraan tersebut mengatakan baru sekitar 15 (lima belas) hari dia ganti Oli Uda kering Oli nya dan mesin kendaraan mengalami keretakan.


Pada saat ditanya awak media bagaimana membedakan Oli Palsu dengan yang asli? 

Pak Anas pun  memberikan tips bagaimana cara membedakan oli asli dengan yang palsu. Biasanya, oli yang dipalsukan adalah brand oli yang laris di pasaran.


Menurut Pak Anas, hal pertama adalah jangan tergiur dengan oli yang dibanderol dengan harga murah. Kemudian, pastikan membeli oli di bengkel yang Resmi.

Sedangkan dari fisik oli itu sendiri, konsumen harus jeli melihat tampilan oli. Biasanya oli palsu memiliki tampilan fisik yang lebih menarik ketimbang oli asli. Padahal kualitasnya belum tentu sebagus kemasannya.


Identifikasi juga bisa dilakukan konsumen dengan mengecek base number atau nomor registrasi yang tercetak di kemasan oli. Hal ini paling mudah untuk mengetahui oli atau pelumas tersebut benar asli atau hasil pemalsuan.


"Biasa ada di tutup botol atau leher botol. Base number itu produksi pakai laser, dia pasti simetris, berurutan dan rapi. Yang palsu biasanya bolong, nggak rata, dan berbau aneh dan label nya mudah terkelupas sementara oli asli label kuat tidak mudah terkelupas dan berbau harum seperti bau cepadak ," terangnya.


Beliau menambahkan, Oli asli juga sudah dilengkapi dengan QR Code yang dipasang pada bagian tertentu kemasan. Pengaplikasian QR Code ini tentu tak dapat dipalsukan.


"Kalau yang asli, biasanya nomor QR Code-nya random. Beda kalau palsu, biasanya nomornya cenderung sama karena hasil printing," jelasnya.


Masyarakat meminta kepada pihak berwenang agar melakukan penertiban kepada pedagang yang menjual Oli Palsu karena ini sudah melangar UUD tentang perlindungan konsumen.


Editor  :Rafles.T



COMMENTS


Arsip Blog

Nama

KAMPAR,7,
ltr
item
redynews: Masyarakat Kuansing Perlu waspada.! Oli Palsu Kendaraan Banyak Beredar dipasaran.
Masyarakat Kuansing Perlu waspada.! Oli Palsu Kendaraan Banyak Beredar dipasaran.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCjVvglzDDORobHf9E-Vi4fY-GGF6ZLAtast_P-C3xEeSjAAFxsg_O1aUolL4vo1U1tXakc2fO_F1SbHve8NKe1sYo-3bbxIHend-0OFdYwNjwXq99RlwHy6al3gmU8j6r654NASoKnC_Rz2eLUOzjvZR4ITFkV4sExkxhDT5K9PLDpfn3AALt7luJ/w640-h640/IMG-20221217-WA0050.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCjVvglzDDORobHf9E-Vi4fY-GGF6ZLAtast_P-C3xEeSjAAFxsg_O1aUolL4vo1U1tXakc2fO_F1SbHve8NKe1sYo-3bbxIHend-0OFdYwNjwXq99RlwHy6al3gmU8j6r654NASoKnC_Rz2eLUOzjvZR4ITFkV4sExkxhDT5K9PLDpfn3AALt7luJ/s72-w640-c-h640/IMG-20221217-WA0050.jpg
redynews
https://www.redynews.com/2022/12/masyarakat-kuansing-perlu-waspada-oli.html
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/2022/12/masyarakat-kuansing-perlu-waspada-oli.html
true
5640723038637754775
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy