"Family Gathering IKPM GONTOR BABEL Dihadiri Cucu Tri Murti"

Redynews.com, Bangka - IKPM GONTOR Babel atau yang di kenal Ikatan Keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor Cabang Bangka Belitung menyeleng...



Redynews.com, Bangka - IKPM GONTOR Babel atau yang di kenal Ikatan Keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor Cabang Bangka Belitung menyelenggarakan acara Family Gathering bersama Mantan Duta Besar Azerbaijan yang juga sebagai cucu Tri Murti Gontor(20 - 21 Mei 23).

Acara tersebut berlangsung dari Sabtu pagi 20 Mei, sampai Ahad siang 21 Mei 2023.

KH. Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, M A. merupakan cucu dari Alm. KH. Zainuddin Fannanie selaku pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG).

Prof. Husnan Bey Fananie pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan pada tahun 2016 sampai 2020.

Kehadirannya dalam acara Family Gathering ini seakan mengingatkan kembali kenangan indah bagi mereka yang pernah menempuh Pendidikan di Pesantren/Kampus Gontor.

Hari pertama berlangsung di Pondok Modern Darul Abror Kace, berlanjut ke Madania Centre, kemudian Pondok Modern Darul Istiqomah Air Gegas dan malamnya adalah bincang santai di Pantai Toboali. 

Sesampainya di Toboali, Rombongan Kiyai Husnan Bey Fanany disambut oleh Bupati Bangka Selatan serta Wakilnya yang sempat hadir ke lokasi acara.

Riza Herdavid, S.T selaku Bupati Bangka Selatan (Basel) merupakan salahsatu wali santri yang menyekolahkan anaknya di Pondok Modern Darul Abror Kace, yang termasuk Pondok Alumni Gontor.

Maka dari itu, Bupati Basel ini ikut bersyukur akan kehadiran bagian dari keluarga besar Pesantren Gontor.

Dalam sambutannya, Reza meminta do'a untuk kebaikan Masyarakat serta jajaran Pemerintah Daerah Bangka Selatan.

"Saya merasa bersyukur akan kedatangan kiyai dan beruntung bisa melayani kiyai Husnan. Kami berharap kiyai dan para ustadz alumni gontor dapat mendoakan keberkahan bagi kami" Ucapnya 

Sebagai bentuk kesyukurannya, Bupati Bangka Selatan menyampaikan bahwa ia ingin memberi uang sejumlah 50 Juta untuk sang Kiyai.

Kemudian dalam sesi penyampaiannya, Kiyai Husnan Bey Fanany menanggapi niat baik Reza Herdavid.

"Untuk uang 50 juta tersebut, cukup disumbangkan kepada pengurus IKPM GONTOR Bangka Belitung, agar bisa lebih bermanfaat untuk Kas IKPM Babel. Jadi terimakasih atas niat baiknya" Amanah Kiyai Husnan kepada Bupati Basel.

Tentunya kiyai Husnan bukan bermaksud untuk menolak pemberian Bupati Basel, tapi agar kebermanfaatan dan keberkahannya juga mengalir melalui IKPM GONTOR BABEL.

Dalam hal ini, kiyai Husnan ingin mengingatkan dan memberikan pelajaran kepada para Alumninya. Bahwa Gontor memang telah mengajarkan , manusia tidak boleh meminta-minta kepada mahluk. Kalaupun Allah menitipkan rizki melalui orang  yang mau menyumbang, boleh saja diterima, selama tidak ada unsur dan kepentingan apapun.

Karena Pesantren Gontor dibantu karena telah Maju, bukan Maju karena dibantu.

Di sisi lain, Reza juga telah menyampaikan bahwa ia sangat takzim kepada Kiyai Husnan dan siap mengikuti apapun yang menjadi dawuh ataupun nasihat kiyai.

Adapun hari Ahad, 21 Mei merupakan acara puncak kegiatan family gathering.

Paginya alumni Gontor yang datang dari berbagai daerah di Provinsi Bangka Belitung saling bercengkrama dan dilanjutkan makan bersama atau biasa disebut tajamuk.

Setelah tajamuk dan ngopi santai, kegiatanpun berlanjut dengan Sharing Session bersama Kiyai Husnan selaku mantan Duta Besar Azerbaijan..

KH. Prof Dr. Husnan Bey Fananie bercerita banyak hal, khususnya tentang perjalanan panjang akan perjuangan Pesantren Gontor.

Ia menjelaskan bahwa Pesantren Gontor bisa bisa tetap eksis sampai dengan umur yang ke 100 tahun atau 1 abad, bukanlah hal yang mudah. Tapi ada banyak ujian yang telah dihadapi.

"Sebagai alumni PM Darussalam Gontor, kita semua harus selalu ingat akan pesan dan nilai moral yang telah didapatkan. Keberadaan kita di masyarakat harus memberikan dampak positif untuk maslahat" Ajak Kiyai Husnan.

"Isy kariiman au mut syahiidan, hidup mulia atau mati syahid merupakan moto yang perlu tertanam selalu dalam diri kita. Agar segala yang kita lakukan lebih bermanfaat dan tidaklah sia-sia" Tambahnya.

"Saya doakan yang terbaik untuk seluruh Pondok Pesantren di Bangka Belitung ini. Khususnya Pesantren Alumni Gontor, semoga bisa terus Istiqomah dalam mensyiarkan agama Allah, semoga terus berkembang dan maju" Ungkap Do'a Kiyai Husnan.

Kiyai Husnan sangat berkesan, akan pelaksanaan acara selama di Bangka Belitung. Ia mengapresiasi seluruh tuan rumah (Pesantren) yang dikunjungi, dan tentunya Panitia acara dari IKPM Gontor wilayah Bangka Selatan yang sangat luar biasa.

Acara demi acara telah terlaksana dengan baik, Ust. Edduar Setiawan selaku ketua IKPM Gontor Bangka Belitung berharap acara ini makin menambah semangat perjuangan dan menjadikan lebih Cinta terhadap Almamater Gontor.

 Dan tentunya semua ini, menjadi Amal Jariyah untuk Tri Murti serta seluruh guru dan elemen terkait dengan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Penulis : Alvhi peci

COMMENTS


Arsip Blog

Nama

KAMPAR,7,
ltr
item
redynews: "Family Gathering IKPM GONTOR BABEL Dihadiri Cucu Tri Murti"
"Family Gathering IKPM GONTOR BABEL Dihadiri Cucu Tri Murti"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjs2CgOL2LVOr0kdsnSimTWEkPpiZKjeO8pre_9XNMv9aCpAft6j2mt3W85bRrt5P5SaVODgN4QIOAGcFoA8Mmh3PwMdh5qUVXlOBHkinOsb0HCW5_VcsWTUlRuupwtfKfgqmn_YFBYMIkXc80BOaOEFEspWPaE0hFIW89h-Z-ArkZo5YVFzFTMx4SW/w640-h460/IMG-20230524-WA0067.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjs2CgOL2LVOr0kdsnSimTWEkPpiZKjeO8pre_9XNMv9aCpAft6j2mt3W85bRrt5P5SaVODgN4QIOAGcFoA8Mmh3PwMdh5qUVXlOBHkinOsb0HCW5_VcsWTUlRuupwtfKfgqmn_YFBYMIkXc80BOaOEFEspWPaE0hFIW89h-Z-ArkZo5YVFzFTMx4SW/s72-w640-c-h460/IMG-20230524-WA0067.jpg
redynews
https://www.redynews.com/2023/05/family-gathering-ikpm-gontor-babel.html
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/2023/05/family-gathering-ikpm-gontor-babel.html
true
5640723038637754775
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy