5 Alasan Pentingnya Menggunakan Sabun Cuci Tangan

  redynews.com, Jakarta - Setelah beraktivitas dan sebelum makan Anda harus membersihkan tangan. Namun mencucinya hanya dengan menggunakan ...

 



redynews.com, Jakarta - Setelah beraktivitas dan sebelum makan Anda harus membersihkan tangan. Namun mencucinya hanya dengan menggunakan air saja tidak cukup. Anda membutuhkan sabun cuci tangan.
Mencuci tangan hanya dengan air tidak efektif karena bisa jadi kuman penyakit belum hilang. Dalam memilih produk ini harus hati-hati untuk menghindari bahan yang rentan terhadap kulit sensitif.
Meski demikian tidak perlu khawatir, banyak produsen yang memproduksinya dengan bahan alami sehingga aman bagi kesehatan meski sering menggunakannya.
Tangan yang kotor bisa menjadi sarang kuman. Ketika Anda makan, kuman tersebut dapat pindah ke dalam mulut, berkembang biak dan mengganggu kesehatan.

Mengapa Mencuci Tangan Itu Penting?
Kampanye penggunaan sabun cuci tangan sampai saat ini terus dilakukan oleh berbagai pihak. Bukan hanya oleh Departemen Kesehatan, masyarakat, termasuk anak-anak pun dilibatkan agar kesadaran untuk menjaga kebersihan terus meningkat.
Idealnya setiap orang mencuci tangan sebelum makan, sesudah makan dan ketika habis bekerja sehingga tidak ada kuman yang tertinggal.
Selain sabun, tidak sedikit orang yang memilih menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Sedangkan sebenarnya keduanya tidak bisa saling menggantikan karena manfaatnya berbeda.
Hand sanitizer hanya mampu membunuh kuman tanpa bisa menghilangkan sisanya yang tertinggal di tangan sehingga bisa masuk ke dalam tubuh.

Alasan kenapa perlu mencuci tangan menggunakan sabun adalah:

1. Membersihkan kotoran lebih efektif
Penggunaan sabun cuci tangan selalu dibarengi dengan air. Sebaiknya memilih air yang mengalir agar sisa kotoran bisa hilang semua dan tidak ada yang tertinggal.
Fungsi sabun cuci tangan untuk meluruhkan semua kotoran. Sedangkan air akan membuangnya dari permukaan kulit. Dengan menggunakan sabun akan semakin banyak kotoran yang bisa hilang.
Produsen biasanya sudah membuat formulasi sabun yang aman bagi kulit. Namun tidak ada salahnya untuk selektif dan memilih yang benar-benar aman, terutama untuk jenis kulit yang cukup sensitif.
Penggunaan sabun dengan intensitas lebih sering relatif aman dibanding jika menggunakan hand sanitizer, karena itu banyak merekomendasikannya.

2. Membunuh lebih banyak kuman
Kuman penyakit bisa tumbuh dan berkembang biak dimana saja. Ketika Anda menyentuh suatu benda bisa jadi pada saat tersebut kuman akan berpindah dan terbawa di tangan.
Jika kemudian makan tanpa menggunakan sendok, kuman penyebab penyakit akan masuk ke mulut dan berkembang sehingga menimbulkan penyakit.
Dibanding dengan hanya menggunakan air saja, atau hand sanitizer berbahan tertentu, kemampuan sabun dalam membunuh kuman lebih kuat.
Apalagi tidak jarang produsen menambahkan antiseptik atau anti bakteri yang bisa membunuh kuman penyakit dengan jenis belih banyak .
Sampai saat ini sabun cuci untuk tangan terbukti efektif mencegah penularan penyakit selama digunakan dengan benar.
Ketika menggunakannya, semua permukaan tangan harus terkena busa yang dihasilkan untuk memastikan bibit penyakit yang menempel mati semua.

3. Mampu menghilangkan minyak
Produksi minyak yang berlebih pada kulit atau minyak dari makanan yang dipegang tidak mudah untuk dibersihkan menggunakan air atau tisu basah. Namun jika menggunakan sabun akan cepat hilang.
Minyak yang menempel bukan hanya membuat kurang nyaman tetapi juga menyebabkan debu dan kotoran lain menempel.
Penggunaan sabun yang bersifat basa akan membuat semua minyak dan lemak terlepas dari permukaan tangan. Bahkan tidak jarang ada produsen yang menambahkan bahan untuk melindungi kulit agar tidak mudah kotor kembali sehingga tidak perlu terlalu sering cuci tangan.

4. Bahan yang digunakan relatif aman
Selain menggunakan sabun, dalam acara tertentu banyak orang yang lebih memilih menggunakan tisu basah atau hand sanitizer untuk membersihkan tangan.
Dilihat dari bahan ketiganya, sabun relatif lebih aman. pembersih yang terdapat pada tisu basah dan hand sanitizer biasanya mengandung alkohol yang menyebabkan iritasi dan permukaan kulit lebih kering.
Kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit, apalagi jika digunakan dalam jangka panjang dan terlalu sering.
Karena itu, sabun merupakan produk yang paling tepat dan aman. apalagi lebih multifungsi sehingga tingkat kesehatan penggunanya semakin terjaga.

5. Banyak yang mengandung pelembab
Kulit yang kering bukan hanya terlihat tidak sehat dan kurang menarik, tetapi juga mudah iritasi dan terluka yang mengakibatkan timbul rasa perih.
Produsen sabun khusus untuk tangan banyak yang menambahkan pelembab sehingga kulit tetap terjaga kelembutannya meski sering mencuci tangan. Karena itu produk ini lebih direkomendasikan dan menjadi pilihan banyak orang.
Untuk mendapatkan sabun cuci tangan yang berkualitas dan aman cukup mudah, bahkan Anda bisa membelinya dari rumah jika berbelanja di Blibli.
Blibli merupakan marketplace ternama yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk sabun cuci tangan. Jenis, ukuran dan harganya pun bermacam-macam sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.
Berbelanja di Blibli juga aman karena hanya bekerja sama dengan seller terbaik yang terpercaya. Anda cukup memilih sabun yang dibutuhkan, membayar dan menunggu di rumah karena ekspedisi pilihan akan mengantarkan sesuai alamat tujuan.
Menggunakan sabun cuci tangan secara teratur dan benar berarti telah menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Bukan hanya Anda, keluarga dan lingkungan sekitar rumah akan tetap sehat tanpa khawatir penyebaran kuman penyakit melalui tangan yang kotor. (*)

Sumber : RILIS.ID

COMMENTS


Arsip Blog

Nama

KAMPAR,7,
ltr
item
redynews: 5 Alasan Pentingnya Menggunakan Sabun Cuci Tangan
5 Alasan Pentingnya Menggunakan Sabun Cuci Tangan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCfJDr_CRplfqV57rXBHIB7jcagAsMvijIeEi5BfZkOXiTv-SHS3fL8gSRO7L-o3xP96L-mu-n9BeK77PC3PhoUAe-f-KYyAgetL0nxy7xHhw5TgxZk7n5TjzPPYLqZA-lZhJDuT41hDA8bLgmeH30x48d8odSD9EXd_KyH_-8JYNh2y1AlVxe9ajn/w640-h360/IMG-20230404-WA0009.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCfJDr_CRplfqV57rXBHIB7jcagAsMvijIeEi5BfZkOXiTv-SHS3fL8gSRO7L-o3xP96L-mu-n9BeK77PC3PhoUAe-f-KYyAgetL0nxy7xHhw5TgxZk7n5TjzPPYLqZA-lZhJDuT41hDA8bLgmeH30x48d8odSD9EXd_KyH_-8JYNh2y1AlVxe9ajn/s72-w640-c-h360/IMG-20230404-WA0009.jpg
redynews
https://www.redynews.com/2023/04/5-alasan-pentingnya-menggunakan-sabun.html
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/2023/04/5-alasan-pentingnya-menggunakan-sabun.html
true
5640723038637754775
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy