Klaim Pengurus Yang Sah, Begini Pesan DPD F.SPTI - K.SPSI Riau Ke Seluruh Jajaran Pengurusnya

  Riau,- Redynews.com Kasten Harianja telah dipercaya, menahkodai Dewan Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPD F.SP...

 


Riau,- Redynews.com

Kasten Harianja telah dipercaya, menahkodai Dewan Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPD F.SPTI-K.SPSI) Provinsi Riau selama lima tahun ke depan. Untuk itu, seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC), pimpinan unit kerja (PUK) dan anggota diminta tidak melayani pihak-pihak yang mengatasnamakan DPD F.SPTI-K.SPSI Provinsi Riau secara ilegal.

Penunjukan Kasten Harianja sebagai Ketua DPD F.SPTI-K.SPSI Provinsi Riau periode 2023-2028 berdasarkan Surat Keputusan Nomor : KEP.041/DPP FSTI-KSPI/III/2023. SK tertanggal 28 Maret 2023 ditandatangi langsung oleh Ketua DPP FSPTI-KSPSI, Surya Bakti Batubara.

F.SPTI dibawah kepemimpinan Surya Bakti Batubara memiliki legalitas yang sah. Ini berdasarkan surat dari Dirjen HAKI, dari Kemenkumham serta dari surat dari Dirjen PHI Nomor 92/HI.03.00/VI/2023 tertanggal 6 Juni 2023. Yang mana menerangkan Surya Bakti Batubara sebagai Ketua Umum dan Edwar, AM.Tru selaku Sekretaris Jendral.

“Penetapan pengurus di bawah kepimpinan Kasten Harianja merupakan hasil Musyarwah Daerah Luar Biasa dikarena adanya pembangkangan yang dilakukan oleh pengurus DPD F.SPTI-K.SPSI Riau periode sebelumnya. Sehingga DPP mengambil sikap tegas,” kata Muhammad Syahri Ramadhan selaku Sekretaris DPD F.SPTI-K.SPSI Provinsi Riau, Sabtu (17/6/2023).

Syahri mengatakan bahwa Pengurus DPD F.SPTI-K.SPSI Riau periode 2021-2026 terlebih dahulu dibekukan berdasarkan SK Nomor : KEP.038/DPP-F.SPTI/KSPI/III/2023. SK ini tentang Pembekuan Pengurus DPD Provinsi Riau dalam Surat Keputusan DPP Nomor : KEP.03/DPP-FSPTI/KSPI/II/2021 dan Pengangkatan Pengurus Caretaker DPD F.SPTI-K.SPSI Riau tanggal 1 Maret 2023.

“Jadi, Kepengurusan DPD F.SPTI-K.SPSI Provinsi Riau dibawah kepimpinan Kasten Harianja yang sah. Bahkan untuk Ketua periode 2021-2026 sudah dipecat/diberhentikan dari anggota F.SPTI-KSPI berdasarkan SK Nomor : KEP.043/DPP F.SPTI-KSPSI/IV/2023),” tegas Syahri.

Disampaikan Syahri, pihaknya juga telah memberitahukan eksitensi keberadaannya ke Disnaker Provinsi Riau dan Disnaker Kota Pekanbaru. Ini sebagaimana diatur dalam Pasal 21 Undang-undang Nomor 21 tentang Serikat Pekerja/Buruh serta dan Keputusan Menakertrans Nomor 16 Tahun 2001 tentang Tata Cara Pencatatan SP/SB.

Kemudian, juga sebagaimana yang disebutkan dalam Surat Direktorat Jendral Pembinaan Hubungan Industrial Kemennakertrans Nomor :B.432/PHIJSK/VIII/2022 tentang Pemberitahuan Perangkat Organisasi/Kepengurusan wilayah SP/SB, Federasi dan Konfederasi SP/SB yang pada pokoknya disebutkan didalam angka 4 huruf b.

“Apabila sudah diberikan pencatatan dan diberi nomor bukti pencatatan, maka diberikan penjelasan bahwa pencatatan tersebut merupakan pencatatan keberadaan organisasi diwilayah tersebut. Dan bukanlah pencatatan pembentukan organisasi SP/SB, federasi dan konfederasi SP/SB melainkan pemberitahuan perubahan kepengurusan organiasi atau pembentukan baru terhadap pengurusan perangkat organiasi tersebut” urainya.

“Jadi jangan keliru bahwa pencatatan/pemberitahuan keberadaan tersebut milik organisasi bukan milik pribadi. Jadi kepengurusan organisasi tersebut hanya menyampaikan perubahan struktur yang bar,” ulasnya.

Dengan demikian Syahri meminta seluruh DPC se-Provinsi Riau, PUK dan anggota tidak melakukan serta melayani pihak-pihak mengatasnamakan DPD F.SPTI-K.SPSI Provinsi Riau secara ilegal. Hal ini, nantinya akan berakibat ke ranah hukum.

“Kami akan melakukan tindakan hukum secara pidana maupun perdata bagi DPC dan PUK serta anggota yang secara sengaja bekerja sama dengan pihak secara ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan oleh pihak tersebut,” sebutnya.

Pada kesempatan ini, Syahri menyampaikan, DPD F.SPTI-K.SPSI Provinsi Riau telah mengganti beberapa Ketua DPC se-Riau melalui Muscalub dan telah memiliki SK yang sah. Di antaranya, Gotlif Pasaribu sebagai Ketua DPC F.SPTI - K.SPSI  Kabupaten Kampar. Ketua DPC Indragiri Hulu dijabat Oleh Hendri Marbun, Ketua DPC Kota Pekanbaru dijabat Oleh Imelda Samsi.

Ketua DPC Kabupaten Siak diajabat oleh Unggal Gultom dan Ketua DPC Indragiri Hilir, dijabat oleh Supriadi. Untuk DPC Kab Rokan Hilir masih di pimpin oleh H.Fuad Ahmad sebagai ketua DPC yang sah.

“Selain nama-nama yang kami sebutkan, untuk tidak mengaku sebagai Ketua DPC di daerah masing-masing,” imbuh Syahri.

(H.F.Bronson Purba)

COMMENTS


Arsip Blog

Nama

KAMPAR,7,
ltr
item
redynews: Klaim Pengurus Yang Sah, Begini Pesan DPD F.SPTI - K.SPSI Riau Ke Seluruh Jajaran Pengurusnya
Klaim Pengurus Yang Sah, Begini Pesan DPD F.SPTI - K.SPSI Riau Ke Seluruh Jajaran Pengurusnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJTIl4eaWSG6MXo1ZCoBI86IibHG0mfwseZoSoOGFJJbS3_9PB9wplX1XEPi8wBCUI1t973fd7rOZzIjcpMS-OXXYS-Ff4fgxTK_mEublRnaWAlliKxlNhwW_jsGpEgFCtB0HkyBi-6dqiVBJ84LrBeyoke0vQ3PtDL9y_P9sL1vdm2dSEdN-B43_V91E/w640-h592/IMG-20230619-WA0088.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJTIl4eaWSG6MXo1ZCoBI86IibHG0mfwseZoSoOGFJJbS3_9PB9wplX1XEPi8wBCUI1t973fd7rOZzIjcpMS-OXXYS-Ff4fgxTK_mEublRnaWAlliKxlNhwW_jsGpEgFCtB0HkyBi-6dqiVBJ84LrBeyoke0vQ3PtDL9y_P9sL1vdm2dSEdN-B43_V91E/s72-w640-c-h592/IMG-20230619-WA0088.jpg
redynews
https://www.redynews.com/2023/06/klaim-pengurus-yang-sah-begini-pesan.html
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/2023/06/klaim-pengurus-yang-sah-begini-pesan.html
true
5640723038637754775
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy