3 Wartawan Diusir Sekretaris PUPR, FJP Beri Dukungan Moral Terhadap Wartawan Yang Diusir

MEDAN // Redynews.com Tindakan arogansi dan ucapan rasis terhadap insan pers terjadi di ruang lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rak...



MEDAN // Redynews.com

Tindakan arogansi dan ucapan rasis terhadap insan pers terjadi di ruang lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR). 

Salah satu Oknum Security dari Dinas PUPR dengan arogan mengusir 3 wartawan yang hendak mencari informasi untuk dapat diberitakan kepada masyarakat. Tidak saja arogansi pengusiran bahkan juga terdengar ucapan rasis terhadap insan pers yang sedang duduk di kantin dinas tersebut.

Hal tersebut menjadi sorotan dari Sekretaris Forum Jurnalis Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (FJP) Selamat Purba. Selamat Purba sangat menyayangkan sikap arogansi dari Security yang mengusir 3 rekan jurnalis.

"10 Januari kemaren, Kita mendapat informasi dari rekan jurnalis kita, yang saat bertugas di dinas PUPR mereka mendapat tindakan arogansi dari satpam, mereka diusir. jadi kita sangat menyayangkan sikap arogansi satpam ini, yang katanya disuruh oleh sekretaris dinas PUPR. Tidak hanya di usir, 3 rekan jurnalis tadi juga mendapatkan bahasa rasis yang katanya risih jika ada wartawan", jelas Selamat Purba saat mendatangi dinas PUPR

Bang Purba sapaan akrab Selamat Purba menjelaskan lebih lanjut, setelah mendapat informasi ia dan rekan-rekan jurnalis dari FJP lainny mendatangi Dinas PUPR yang beralamat di jalan Sakti Lubis untuk meminta penjelasan tindakan arogansi terhadap 3 wartawan yang diusir.

Ia juga menyebutkan kedatangan dirinya dan pengurus FJP lainnya, juga memberikan semangat serta dukungan moral kepada 3 wartawan yang diusir, dan diketahui bernama  Wilson Chaniago, Jasrial Husin, dan Safrial Sikumbang merupakan pengurus FJP juga.

"Kedatangan kita FJP kemari, ingin meminta penjelasan terhadap tindakan arogansi ini, selain itu kita juga memberikan dukungan moral kepada rekan kita Wilson Chaniago, Jasrial Husin, dan Safrial Sikumbang yang diusir. Mereka rekan kita dan pengurus FJP juga", terang bang Purba.

Jasrial Husin salah satu wartawan yang diusir mengatakan dirinya dan 2 rekan wartawan lain bernama Wilson Chaniago, Safrial Sikumbang masuk ke Dinas PUPR dan  duduk di kantin, tiba-tiba diusir seorang satpam.

"Pada Rabu tanggal 10 Januari 2024 kemaren, kami masuk ke Dinas PUPR dan duduk di kantin. seorang satpam mendatangi kami dan menyuruh kami keluar, lalu kami taya kenapa kami disuruh keluar bang, dijawab satpam itu ia diperintahkan oleh sekretaris untuk menyuruh kami keluar", terang Jasrial Husin yang merupakan bendahara FJP Jum'at (12/1/2024).

Saat didatangi pengurus FJP, oknum satpam dan sekretaris yang dikatahui bernama Aldun tidak berada di tempat, sehingga akhirnya membubarkan diri dan datang kembali Keesokan harinya.

Sementara itu menurut menurut informasi yang didapat dari Selamat Purba, bahwa Sekretaris Dinas PUPR menjelaskan bahwa pihaknya ingin menjalankan prosedur sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yaitu setiap tamu harus mengikuti SOP dengan melapor ke pos Security.

"Jadi kata sekretaris di Dinas PUPR yang bernama Aldun kepada kami, pihak mereka ingin agar para tamu mengikuti SOP untuk melapor dulu ke pos satpam memberikan keterangan yang jelas, mau jumpai siapa, tujuan apa tidak boleh asal masuk merayap keruangan. Selain itu juga perkataan rasis dan tidak bersahabat juga dikatakan oleh Aldun bahwa wartawan tidak boleh lama-lama duduk dikantin,karena pegawai disitu juga mau duduk, Aldun mengaku risih jika ada wartawan di kantin", jelas Selamat Purba.

Bang Purba sangat menyayangkan sikap dan pernyataan dari Sekretaris Aldun, menurutnya media itu sahabatnya semua dinas, setiap jurnalis itu mitra kerjanya pemerintah.

"Saya sangat menyayangkan kan pernyataan sekretaris Aldun, seharusnya ia tau bahwa media itu sahabatnya mereka, wartawan itu mitranya mereka, mereka harus bersinergi dengan wartawan begitu juga sebaliknya wartawan juga bersinergi dengan mereka, kok mereka risih dengan wartawan", tutup Selamat Purba.

(Red/Tim)

COMMENTS


Arsip Blog

Nama

KAMPAR,7,
ltr
item
redynews: 3 Wartawan Diusir Sekretaris PUPR, FJP Beri Dukungan Moral Terhadap Wartawan Yang Diusir
3 Wartawan Diusir Sekretaris PUPR, FJP Beri Dukungan Moral Terhadap Wartawan Yang Diusir
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjj9CVwBxbGnMknUjhGGsfvO1ey386-sr9tTF9KPTmN3jjMEttuhkK1ro40dU6fSoAKhK4gtzIOUpkPauyPvz7Qy6AYBTk9JrDHCI4MNY5O3MlRSLZxk-CLa1hRy5WUScVNP0zGwj89uMv9v5dmG-ev9GtfRNmO8CO8_GIFKIUaSQ95Vq8HLCXizJvbEIM/w640-h566/IMG-20240114-WA0008.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjj9CVwBxbGnMknUjhGGsfvO1ey386-sr9tTF9KPTmN3jjMEttuhkK1ro40dU6fSoAKhK4gtzIOUpkPauyPvz7Qy6AYBTk9JrDHCI4MNY5O3MlRSLZxk-CLa1hRy5WUScVNP0zGwj89uMv9v5dmG-ev9GtfRNmO8CO8_GIFKIUaSQ95Vq8HLCXizJvbEIM/s72-w640-c-h566/IMG-20240114-WA0008.jpg
redynews
https://www.redynews.com/2024/01/3-wartawan-diusir-sekretaris-pupr-fjp.html
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/2024/01/3-wartawan-diusir-sekretaris-pupr-fjp.html
true
5640723038637754775
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy