Luar Biasa..! Pelatihan Jurnalistik Melalui Zoom Sangat Bermanfaat Dan Jurus Andalan jurnalis

Redynews.com, Pekan Baru,- Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC). Perum. Taman Dutamas Blok H3 No.7 Pekanbaru Dilak...



Redynews.com, Pekan Baru,- Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC). Perum. Taman Dutamas Blok H3 No.7 Pekanbaru Dilakukan melalui Zoom, Sabtu (18-11-2023). 

Wartawan Profesional berarti wartawan yang menerima honorarium (imbal jasa) yang layak, berupa materi dari institusi tempatnya bekerja atas skill dan keahlian yang dipunyainya.

Dalam tatanan manajemen dan konsep kerja profesinalisme, jumlah itu mengalami eskalasi (peningkatan) berbanding lurus dengan peningkatan keahlian si Wartawan.

Acara ini diawali dengan Pembuka Acara yang dipandu oleh Leli Maslina, SH. Sedangkan Nara Sumber terdiri dari Direktur Utama PJC, sekaligus sebagai Instruktur Jurnalistik berpengalaman lebih dari setengah Abad, penulis Buku-Buku Jurnalistik, Drs. Wahyudi El Panggabean, MH.

Kemudian, Nara Sumber lainnya yakni Akademisi, sekaligus sebagai Direktur Bidang Pendidikan PJC, Abdul Kadir, S.Pd.,M.Pd.,M.I.Kom. Sedangkan acara Pelatihan Jurnalis ini, dibuka oleh Direktur Bidang Hukum PJC, Asmanidar, SH.

Peserta Pelatihan Jurnalis kali ini berjumlah 57 orang, peserta berasal dari Aceh hingga Papua dengan 17 (tujuh belas) Provinsi di Indonesia.

Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Nara Sumber, Wahyudi dalam acara tersebut, mulai dari pengalamannya sebelum bergabung menjadi seorang Wartawan profesional.

"Apa pun pekerjaan Anda hari ini, saya yakin karena kecintaan profesi Yang Mulia, maka manfaatkan lah kesempatan ini dengan baik dan benar," kata Wahyudi.

Sebagai motivasi terhadap Wartawan, Wahyudi menggungatkan agar menjadi Wartawan profesional. "Pesan saya, jangan menjadi Wartawan Pengemis, Pengecut dan Pemeras. Ingat, saat ini Wartawan tidak lagi disebut sebagai Kulit Tinta, tapi saat ini Wartawan disebut sebagai Pahlawan Pena," tegas Wahyudi.

Direktur Utama PJC ini mengatakan, Etika adalah Moral. Kode Etik adalah rambu-rambu Moral.

"Memiliki KTA Wartawan tanpa mengikuti Pendidikan Jurnalistik, maka sama halnya kita menanam pohon Pisang, buahnya belum masak atau matang sudah kita tumbang lalu mengambil buahnya. Artinya, kita belum siap menjadi seorang Jurnalis, sudah melakukan hal yang salah," ujarnya.

Lebih jauh penulis buku-buku Jurnalistik ini memaparkan bahwa, seseorang yang berkelakuan tidak baik terhadap Wartawan, jahat atau kejam terhadap Jurnalis, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang sangat ketakutan.

"Maka cara untuk menghadapi mereka, tidak dengan kasar seperti membawa Bensin dan Api, tetapi harus dengan Air. Hanya kelembutan yang bisa menghadapi kekerasan," paparnya.

Di akhir pemaparannya, Wahyudi menyinggung ketidakprofesionalan seorang Wartawan.

"Ada juga Wartawan sekaligus sebagai pemilik Media, namun Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) seorang Wartawan justeru tidak menguasai Tupoksi itu sendiri. Itu sangat berbahaya. Senjata terbesar, terkuat dan terbaik Wartawan adalah, Konfirmasi. Wartawan itu harus bermental Singa," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Nara Sumber lainnya yaitu, seorang Akademisi dari Pekanbaru, sekaligus sebagai Direktur Bidang Pendidikan PJC, Abdul Kadir, S.Pd.,M.Pd.,M.I.Kom.

Dirut Bidang Pendidikan ini lebih fokus dalam menyampaikan Materi tentang "Strategi Mudah Menulis Berita" yaitu tentang cara menulis berita dengan menguasai 3 (tiga) hal yaitu, Judul, Lead Teras Berita dan Isi Berita.

"Menulis berita itu gampang, namun beberapa hal penting harus kita kuasai. Mulai dari Judul, Lead atau Teras Berita dan ini berita. Judulnya yang menarik, singkat, padat, jelas dan tidak lebih dari 8 (delapan) kata," jelas Abdul.(Sugianto)

COMMENTS


Arsip Blog

Nama

KAMPAR,7,
ltr
item
redynews: Luar Biasa..! Pelatihan Jurnalistik Melalui Zoom Sangat Bermanfaat Dan Jurus Andalan jurnalis
Luar Biasa..! Pelatihan Jurnalistik Melalui Zoom Sangat Bermanfaat Dan Jurus Andalan jurnalis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiLa_37TfpXKNw9xqi7CBOGEU220Cun8H7uPiBIEr8ZMrCyGoLWCRL-xSLi_7UXU_Kenagjw4WF_ijB8WPmkBtYqJg7ilHB9JyiZfGbf7iUC7MAGvTKmXM7HEPci94kXEdBtfFyoJuW-7YYcnuu1jLCEm9X-ZIy4vi-qpT1YiLVbUKP03jT5Or_vrVQNc/w384-h640/IMG-20231118-WA0027.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiLa_37TfpXKNw9xqi7CBOGEU220Cun8H7uPiBIEr8ZMrCyGoLWCRL-xSLi_7UXU_Kenagjw4WF_ijB8WPmkBtYqJg7ilHB9JyiZfGbf7iUC7MAGvTKmXM7HEPci94kXEdBtfFyoJuW-7YYcnuu1jLCEm9X-ZIy4vi-qpT1YiLVbUKP03jT5Or_vrVQNc/s72-w384-c-h640/IMG-20231118-WA0027.jpg
redynews
https://www.redynews.com/2023/11/luar-biasa-pelatihan-jurnalistik.html
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/2023/11/luar-biasa-pelatihan-jurnalistik.html
true
5640723038637754775
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy