Gate BICT Pelabuhan Belawan Memperburuk Wajah Indonesia

Redynews.com   Medan,  Pintu gerbang (Gate) Belawan International Container Terminal (BICT) Pelabuhan Belawan sudah bertahun-tahun tidak jug...


Redynews.com
 Medan, Pintu gerbang (Gate) Belawan International Container Terminal (BICT) Pelabuhan Belawan sudah bertahun-tahun tidak juga dapat diselesaikan dengan baik dan dapat dioperasikan sebagaimana mestinya. Kondisi gerbang atau pintu masuk negara Indonesia dari Selat Malaka tersebut tampak kumuh dan tak terurus sehingga memperburuk wajah Pelabuhan Kontainer yang dikelola PT Pelindo tersebut, diduga mangkraknya proyek tersebut akibat salah urus menejemen Pelindo dan tercium aroma tindak pidana korupsi.

Sangat ironis dan sangat memalukan melihat kondisi gate BICT Pelabuhan Belawan saat ini, miliaran rupiah uang negara lewat BUMN PT Pelindo telah digelontorkan untuk membangun pintu masuk jutaan kontainer lewat Pelabuhan Belawan yang bertaraf Internasional itu, padahal tujuannya untuk mempercantik wajah terdepan negara Indonesia dari Selat Malaka, serta memberikan kenyamanan dan melancarkan arus barang di Pelabuhan Belawan.

Hal tersebut diungkapkan Tokoh dan Pemerhati Masyarakat Kota Medan, Rion Arios, S.H., M.H. kepada wartawan,rabu (17/4), Rion yang juga praktisi hukum tersebut merasa malu melihat kondisi Gate BICT Pelabuhan Belawan yang tidak berfungsi baik dan terlihat kumuh. “Malu saya melihat kondisi Gate BICT Pelabuhan Belawan yang sekelas internasional itu, tampak kumuh dan tak beroperasi dengan baik, yang melewati gerbang bebas, bahkan becak pengangkut ikan juga lewat dari gate itu,” ungkap Rion yang lahir dan dibesarkan di Belawan itu.

Dijelaskan Rion juga bahwa kekumuhan dan mangkraknya pengerjaan Gate BICT Pelabuhan Belawan itu, sangat dekat dengan kantor instansi penegak hukum, mungkin saja ada dugaan pelanggaran hukum disana. “saya aja malu ketika melintas disana, apalagi posisinya sangat dekat dengan Kantor Kejaksaan Negeri Belawan dan Polres Pelabuhan Belawan, sudah bisalah penyidik dan intel mencari tahu penyebab buruknya gate Pelabuhan Belawan yang bertaraf internasional itu,” ungkap Rion.

Menurut Rion, sejak awal dibangun sebenarnya sudah ada keanehan, karena gate dibangun dengan juga menutup jalan ke Pelabuhan perikanan samudera Belawan (PPSB) sehingga akses pengangkutan hasil perikanan terganggu dan harus juga melawati gate BICT tersebut, semestinya membangun dengan mempertimbangkan dampak lingkungan dan tidak menganggu akses masyarakat dan arus kegiatan sektor usaha yang lain.

Kondisi tersebut sebenarnya tidak memberikan rasa nyaman bagi pengguna jasa Pelabuhan dari pengelola Pelabuhan Belawan bahkan berbanding terbalik dengan rangka meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh pengguna jasa di Terminal Petikemas Internasional di Pelabuhan Belawan, padahal terhitung mulai tanggal 12 Januari 2024 lalu Belawan New Container Terminal (BNCT) secara resmi juga telah memulai kegiatan operasionalnya. BNCT merupakan perusahaan joint venture milik PT Prima Terminal Petikemas dengan PT INA-DPWorld Investment yang berfokus pada pengelolaan dan pengoperasian terminal petikemas internasional di area Belawan.
(Red) 

COMMENTS


Arsip Blog

Nama

KAMPAR,7,
ltr
item
redynews: Gate BICT Pelabuhan Belawan Memperburuk Wajah Indonesia
Gate BICT Pelabuhan Belawan Memperburuk Wajah Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuoG54hrJ3ndeWqnwslK2m51X5fHoJjvnIcB7pq77D3Jylfgb3J9ZENqSrnd9iUW9QqE295AB0N2sOCI0t_O7VhTJvtARD0DY9QwILPevXD4j3r0808Zt1b-rBYJByMnrIUOakAR-X0oR817QsszYytpEAxR4hEnLK9XguOZO19p3KNNjpjQotEN3ZUM0/s320/IMG-20240418-WA0015.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuoG54hrJ3ndeWqnwslK2m51X5fHoJjvnIcB7pq77D3Jylfgb3J9ZENqSrnd9iUW9QqE295AB0N2sOCI0t_O7VhTJvtARD0DY9QwILPevXD4j3r0808Zt1b-rBYJByMnrIUOakAR-X0oR817QsszYytpEAxR4hEnLK9XguOZO19p3KNNjpjQotEN3ZUM0/s72-c/IMG-20240418-WA0015.jpg
redynews
https://www.redynews.com/2024/04/gate-bict-pelabuhan-belawan-memperburuk.html
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/
https://www.redynews.com/2024/04/gate-bict-pelabuhan-belawan-memperburuk.html
true
5640723038637754775
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy